Sejarah SMK N 5 Surakarta

Pada tahun 1962 SMK Negeri 5 Surakarta yang berkembang dari sekolah swasta hingga berdiri menjadi sekolah Teknologi Menengah Pertama di kota Solo saat itu.
Pada Tanggal 1 Agustus 1965 sekolah ini menjadi STM 2 Surakarta yang merupakan sekolah teknik waktu itu. Pada tanggal 7 Maret 1997 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan STM 2 Surakarta berubah namanya menjadi SMKN 5 Surakarta. SMKN 5 Surakarta beralamat di Jalan LU Adisucipto Nomor 42 Surakarta 57143, berlokasi di pintu gerbang Solo Kota Vokasi dan merupakan sekolah besar.
SMK Negeri 5 Surakarta sesuai dengan visi dan misi sekolah, tujuan, nilai, menyadari bahwa keberadaan Sekolah sangat tergantung pada Steakholder. SMK Negeri 5 Surakarta bertekad untuk mengutamakan Kepuasan para Pelanggan dengan senantiasa melaksanakan Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu dan Berusaha untuk memenuhi Persyaratan Pelanggan. SMK Negeri 5 Surakarta bertekad membentuk Tamatan yang tangguh dan Kompeten dengan:
• Melaksanakan Program SBI dan sekolah model/ rujukan untuk semua Program Keahlian.
• Mengembangkan SMK sebagai daya dukung perekonomian Daerah dan Nasional melalui Bisnis Center Manufaktur dan Teaching Industri.
• Mendukung Solo sebagai kota Vokasi.
Mengacu Falsafah “ Mulat sariro hangroso Wani” maksudnya dengan potensi yang dimiliki, sekolah bertekad mewujudkan SMK Negeri 5 Surakarta TERDEPAN, TERDEPAN dalam pelayanan, TERDEPAN dalam prestasi, dan TERDEPAN dalam inovasi.

Tinggalkan komentar